Pertolongan Pertama Saat Bayi Kejang Karena Demam
26 March 2019, 09:44:48 PM

Pertolongan Pertama Saat Bayi Kejang Karena Demam

Pada saat bayi sakit, tentu membuat para MamaFito khawatir. Bukankah begitu MamaFito? Kketika bayi kejang yang disebabkan oleh demam, MamaFito jangan panik ya. Berikut adalah penjelasan mengenai pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat bayi kejang. Simak ya MamaFito.
 
Penjelasan Medis Kenapa Bayi Kejang Saat Demam
Apakah MamaFito pernah melihat bayi kejang secara tiba-tiba? Hal ini tentu akan membuat panik MamaFito. Adanya kelainan dari kegiatan sinyal listrik dalam tubuh tersebut bisa menyebabkan kejang. Fungsi serta gerak dari badan diatur oleh bagian otak lewat neurotransmitter yang kemudian dikirim ke bagian syaraf-syaraf otot.
Kelainan dari aktivitas neurotransmitter bisa dipicu oleh adanya kerusakan pada syaraf yang bisa terjadi karena cedera pada kepala ataupun cacat lahir, infeksi, demam tinggi maupun masalah keseimbangan senyawa kimia yang ada di dalam otak.
Kejang yang terjadi pada bayi cenderung terjadi karena demam tinggi atau biasa disebut juga dengan kejang demam (step). Kejang demam seperti ini biasa terjadi pada anak-anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun. Penyebabnya adalah demam tinggi karena adanya peradangan ataupun infeksi. Selain itu juga karena faktor genetik, terlebih jika ada riwayat penyakit epilepsi di dalam keluarga.
 
Ciri-Ciri Kejang pada Anak
Pada saat bayi atau anak kejang, gejala yang umumnya timbul yaitu bola mata memutar ke atas, kekakuan otot serta kejang sekujur tubuh. Tapi, tidak semua ciri-ciri kejang menimbulkan gerakan kejut. Bisa juga tiba-tiba lemas dan terjatuh. Bisa juga dengan ciri matanya berkedip-kedip namun memiliki tatapan yang kosong. Atau tidak merespon ketika namanya dipanggil atau seperti sedang melamun. Jika terjadi demikian, MamaFito jangan langsung takut dan panik ya,  saat kejang, bayi atau anak bisa diam mematung serta tampak tidak bernapas, mengeluarkan busa yang berasal dari mulutnya dan bibirnya membiru. Kemudian menjelang kejang usai, anak bisa saja mengompol ataupun melakukan BAB di celana.
 
Langkah-Langkah Pertolongan Pertama
MamaFito perlu melakukan pertolongan pertama ketika anak mendadak kejang. Bagaimanakah langkah-langkahnya? Antara lain yaitu dengan membaringkan anak atau bayi pada bidang mendatar seperti kasur, lantai ataupun tanah. Kemudian MamaFito perlu memindahkan anak ke tempat yang lebih aman jika terserang kejang di tempat yang berbahaya. Setelah itu MamaFito lakukan beberapa hal berikut ya:
 
  • Hindari Pakaian Ketat
 
Longgarkan pakaian yang dikenakan anak supaya lebih nyaman untuk bernapas. Jadi, hindarkan anak dari pakaian yang ketat nih.
 
  • Turunkan Suhu Tubuh dengan Kompres
 
Untuk menurunkan suhu tubuh anak, MamaFito bisa menggunakan kompres.
 
  • Jangan Sembarang Memberikan Obat
 
Jangan memasukkan benda atau makanan maupun minuman apapun di dalam mulut anak. Termasuk juga memasukkan obat apalagi yang sembarangan. Nah.. jangan memaksa anak membuka mulutnya menggunakan sendok. Memberikan anak makanan ataupun minuman bisa membuat menjadi tersedak.
 
Hal ini bisa membuat saluran napas menjadi tersumbat dan napas bisa terhenti. MamaFito jangan menahan kaki ataupun tangan anak secara paksa ketika kejang, karena bisa mengakibatkan patah tulang.
 
  • Jangan Selimutin
 
MamaFito jangan menyelimuti anak yang sedang kejang, karena anak membutuhkan udara yang cukup untuk tubuhnya.
 
  • Bawa Segera Ke Dokter
 
MamaFito harus segera bawa ke dokter jika anak terdeteksi kejang untuk mencari tahu apakah penyebabnya. Jangan lupa sebelum ke dokter mengukur suhu ketika anak kejang, jumlah waktu ketika kejang dan mengamati apa saja yang terjadi. Informasi mengenai hal ini sangat diperlukan oleh dokter.
 
Hal yang terpenting adalah MamaFito jangan lupa untuk mengolesi bayi atau anak menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih Fitocare untuk membantu meredakan kejang pada bayi ya. Mengapa? Sebab hal ini membantu untuk proses pertolongan pertama kejang karena demam pada bayi lho.
Share This Page    
Upload
CAPTCHA
0 Komentar
liburan-dengan-si--kecil-tetap-asyik-tanpa-harus-keluar-rumah-40b52a.jpg
Yeay....liburan panjang telah tiba. MamaFito sudah punya rencana liburan kemana nih? Buat MamaFito...
cara-atasi-bayi-cegukan-39e932.jpg
Bukannya hal yang mengherankan apabila banyak para orang tua yang mengkhawatirkan kondisi bayi merek...
tempat-bermain-outdoor-yang-seru-untuk-playdate-bersama-teman-si-kecil-38a09b.jpg
Ada banyak tempat bermain outdoor yang seru untuk playdate bersama teman si kecil. Sebelum mengetahu...
Copyright © 2017 PT. Kimia Farma (Persero) Tbk All Rights Reserved.