Cara Menidurkan Bayi yang Sering Terbangun Malam Hari
26 March 2019, 09:41:53 PM

Cara Menidurkan Bayi yang Sering Terbangun Malam Hari

Taukah MamaFito, jika bayi yang baru lahir mempunyai waktu tidur sekitar 16 – 17 jam dalam sehari dengan pola yang tidak beraturan? Seiring bertambahnya waktu jam tidur bayi bertahap akan berkurang. Walaupun sudah mengetahui hal tersebut, tetap saja para ibu yang masih kesulitan mengurus bayi yang sulit tidur terutama pada malam hari. Nah, maka dari itu MamaFito perlu mengetahui cara menidurkan si kecil yang sering terbangun di malam hari berikut ini.
Kebisaaan yang Membuat Bayi Sulit Tidur
  • Menggendong
Jika bayi MamaFito hanya mau tidur dalam gendongan, berarti MamaFito harus mulai aware nih. Jika menjadi kebisaaan, maka kedepannya bayi akan terbiasa dan menjadi sulit tidur jika tidak digendong. Bayi memang memiliki kenyamanan tersendiri jika digendong. Namun, jika MamaFito dalam keadaan dan tidak memungkinkan untuk menggendong, misal dalam kondisi badan yang sakit, maka MamaFito akan menjadi kesulitan untuk mendiamkannya.  Sedangkan tidak semua bayi bisa nyaman digendong oleh sembarangan orang. Nah, makanya nih MamaFito harus mulai mengurangi kebisaaan tersebut yah.
 
  • Mengajak Bermain
Kebiasaan mengajak bermain bayi pada waktu akan tidur juga bisa membuatnya menjadi sulit tidur lho, MamaFito. Oleh karena itu, MamaFito ataupun ayahnya harus bisa menahan diri untuk tidak mengajaknya bercanda ataupun bermain ketika memasuki jam tidur.
 
  • Belum Ganti Popok dan Lapar
Nah, ketika bayi lapar atau belum ganti popok bisaanya dia akan rewel bahkan menangis. Hal ini bisa membuat bayi sulit tidur. Jadi pastikan MamaFito sudah mengganti popok bayi dan memberikan makan agar tidak kelaparan.
 
Latih Anak Agar Melakukan Hal-hal yang Membuatnya Lebih Mudah Tidur di Malam Hari
Sebagai orang tua MamaFito tentunya mencari cara agar anak bisa lebih mudah tidur di malam hari. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa MamaFito coba:
 
  • Batasi WaktuTidur di Siang Hari
MamaFito harus bisa mengatur lamanya waktu tidur siang anak dan juga harus bisa membatasinya. Sebab jika anak tidur siang terlalu lama, maka bisa membuatnya merasa lebih segar pada malam hari hingga akhirnya sulit untuk tidur. Tidur siang anak sebaiknya sekitar 30 menit saja. Lakukan hal tersebut sebelum jam 3 sore agar dimalam hari si kecil bisa tidur dengan pulas.
 
  • Ciptakan Perbedaan Suasana Malam dan Siang Seperti Mematikan Lampu
MamaFito perlu menciptakan perbedaan suasana malam dan siang seperti misalnya dengan mematikan atau menggunakan lampu tidur. Hal ini bisa membuat anak menjadi lebih cepat untuk tidur.
 
  • Latih Bayi Untuk Tidur Tanpa Digendong
Tidur di dalam gendongan memang menyenangkan dan nyaman. Namun, MamaFito perlu melatih bayi untuk tidur tanpa digendong agar menjadi terbiasa tidur tanpa harus digendong terlebih dahulu.
 
  • Membentuk Rutinitas Sebelum Tidur Seperti Membaca Dongeng & Membasuh Tubuh
MamaFito perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan tidur selama 90 menit sebelum tiba waktu tidur anak. Waktu ini digunakan untuk membasuh tubuh, menggosok gigi, membacakan dongeng dan kegiatan lainnya. Nah, rutinitas seperti ini bertujuan untuk mengingatkan anak mengenai waktu untuk segera tidur lho.
 
  • Buat Rileks dengan Musik
Bayi akan cepat tertidur jika berada dalam keadaan yang rileks lho MamaFito. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik yang indah atau bisa juga dengan memperdengarkan ayat-ayat Al-Quran.
 
Manfaat Setelah Membisaakan Anak Melakukan Poin-poin Tersebut
Jika anak sudah terbisa untuk tidur tepat waktu sesuai dengan poin-poin yang telah disebutkan diatas, maka perkembangan tubuh serta otak anak akan bisa menjadi lebih baik.
Seperti yang disebutkan oleh ilmuwan Inggris, mereka menyimpulkan bahwa anak-anak yang terbiasa dengan tidur teratur akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidurnya tidak teratur. Jika membisaakan anak untuk tidur pada jam yang sama di setiap malam maka dia juga bisa membuat anak terbangun di jam yang sama untuk esok hari lho.
 
Jika anak susah tidur karena kedinginan atau terkena gigitan nyamuk, MamaFito bisa memberikan minyak telon atau minyak kayu putih Fitocare untuk memberikan anak kehangatan dan kenyamaan. Sehingga anak akan menjadi mudah untuk tidur. Wah, menyenangkan bukan jika anak bisa tidur dengan nyaman dan lelap.
Share This Page    
Upload
CAPTCHA
0 Komentar
pertolongan-pertama-saat-bayi-kejang-karena-demam-267a99.jpg
Pada saat bayi sakit, tentu membuat para MamaFito khawatir. Bukankah begitu MamaFito? Kketika bayi k...
tips-agar-si-kecil-nyaman-bepergian-menggunakan-pesawat-247b19.jpg
Hmm.. menjadi sesuatu hal yang merepotkan pada saat membawa si kecil menggunakan pesawat ketika akan...
tips-mengoleskan-minyak-telon-pada--bayi-217dd3.jpg
Hai MamaFito! mengoleskan minyak telon kepada bayi sudah menjadi tradisi yang ada sejak nenek moyang...
Copyright © 2017 PT. Kimia Farma (Persero) Tbk All Rights Reserved.