Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
30 April 2019, 03:57:01 PM

Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi

Sejak zaman dahulu, pijatan pada bayi dipercaya bisa membantu bayi supaya sehat, rileks serta tidak rewel. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa pemijatan yang dilakukan dengan benar dan teratur pada bayi bisa memicu peningkatan bobot bayi sampai mencapai 50%. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pijat bayi, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Pijat Bayi
Bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal salah satunya dengan stimulasi pijat. Pijat bayi akan melibatkan berbagai jenis aspek dasar untuk perkembangan anak pada usia di bawah dua tahun. Misalnya seperti gerak, urut, stimulasi sentuh, penglihatan dan pendengaran.

Saat yang Tepat Untuk Melakukan Pijat Bayi
Pada saat MamaFito melakukan pijat pada bayi, pastikan untuk selalu fokus. Persiapkan tempat yang nyaman agar bayi tidak rewel saat dipijat.  Pada saat memijat, MamaFito bisa mengajak anak untuk berbicara, bercerita maupun menyanyi. Meskipun anak belum bisa mendengarkan dengan baik, namun melakukan hal tersebut bisa menguatkan ikatan dengan anak yang nantinya anak akan menjadi merasa dekat dengan MamaFito lho.
Waktu untuk pelaksanaan pijat juga sangat penting diperhatikan. MamaFito jangan membangunkan anak hanya karena akan melakukan pijatan dan jangan memaksakan anak untuk dipijat jika ia tidak mau.
Salah satu waktu terbaik untuk melakukan pijatan yaitu pada saat bayi telah tidur dengan nyenyak dan bangun dalam kondisi segar. Jangan ketika setelah makan atau minum, rewel maupun sakit. Lakukan setiap hari dan lebih sering, setidaknya setiap hari selama waktu 10 hingga 15 menit.  Pijat secara rutin dilakukan hingga bayi berumur kurang dari dua tahun.

Manfaat Pijat Bayi
Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika MamaFito melakukan pijatan pada bayi dengan benar. Aktivitas pijat bisa menguatkan ikatan antara orang tua dengan bayi. Selain itu juga bisa menambah nafsu makan anak, tidur menjadi lebih lelap, anak menjadi ceria serta membantu relaksasi. Pijat dilakukan agar bayi senantiasa dalam kondisi tubuh yang sehat.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Pijat
Memijat anggota tubuh bayi harus dilakukan dengan teknik yang baik, benar dan tidak boleh sembarangan. Terdapat beberapa bagian tubuh bayi yang ternyata tidak boleh dilakukan pijatan. MamaFito harus sangat memperhatikan mengenai hal ini, sebab efeknya bisa membahayakan anak.
Proses pemijatan biasanya dilakukan dengan memakai minyak. Jadi dilarang memijat terlalu dekat dengan area mata ataupun pada selaput lendir. MamaFito juga dilarang memijat pada bagian dari ubun-ubun bayi. Sebab ubun-ubun bayi yang berumur di bawah dua tahun belum terbentuk dengan sempurna. 
Bagian lainnya yang tidak boleh dipijat adalah ulu hati dan bagian tulang belakang. Hal ini karena anak masih berumur terlalu kecil. Pastikan MamaFito memperhatikan hal ini dengan baik agar tidak salah memijat anggota tubuh anak.

Gunakan Minyak Telon Saat Melakukan Pijat
Pada saat proses memijat, gunakan minyak telon yang tidak akan menimbulkan suatu iritasi pada kulit bayi. Namun, tidak semua minyak telon baik untuk diaplikasikan pada bayi. Jadi, MamaFito harus lebih selektif untuk memilih minyak telon jenis apa yang aman dan tidak membahayakan kulit bayi.
Pastikan bahwa produk minyak telon tersebut aman apalagi untuk bayi, seperti minyak telon Fitocare. Selain aman di kulit, hangatnya pas, minyak telon Fitocare juga memiliki harga yang terjangkau lho. Yuk, MamaFito sedia selalu minyak telon Fitocare untuk pijatan yang hangat dan nyaman untuk si kecil. 
Share This Page    
Upload
CAPTCHA
0 Komentar
liburan-dengan-si--kecil-tetap-asyik-tanpa-harus-keluar-rumah-40b52a.jpg
Yeay....liburan panjang telah tiba. MamaFito sudah punya rencana liburan kemana nih? Buat MamaFito...
cara-atasi-bayi-cegukan-39e932.jpg
Bukannya hal yang mengherankan apabila banyak para orang tua yang mengkhawatirkan kondisi bayi merek...
tempat-bermain-outdoor-yang-seru-untuk-playdate-bersama-teman-si-kecil-38a09b.jpg
Ada banyak tempat bermain outdoor yang seru untuk playdate bersama teman si kecil. Sebelum mengetahu...
Copyright © 2017 PT. Kimia Farma (Persero) Tbk All Rights Reserved.