Cara Atasi Bayi Cegukan
30 April 2019, 04:47:25 PM

Cara Atasi Bayi Cegukan

Bukannya hal yang mengherankan apabila banyak para orang tua yang mengkhawatirkan kondisi bayi mereka karena mengalami cegukan.
Tapi sebetulnya wajar tidak sih jika bayi mengalami cegukan? Cegukan memiliki nama ilmiah hiccups dan seringkali terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Hal ini memang disebabkan oleh beberapa faktor yang pastinya bisa diatasi dengan mudah nih MamaFito.

Sedangkan bayi sendiri mampu mengalami cegukan hingga beberapa kali dalam satu hari. Bahkan untuk bayi yang baru saja lahir bisa mengalami cegukan sampai lebih dari 10 menit.
Ketika bayi yang mengalami cegukan dapat terlihat tenang serta kondisinya baik-baik saja maka MamaFito tidak perlu merasa cemas. Karena dengan menunggu sebentar hingga cegukan yang dialami oleh bayi MamaFito hilang dengan sendirinya.

Apa itu cegukan?
Cegukan itu memiliki nama lain yaitu singultus, di mana kondisi ini terjadi pada seseorang yang mengeluarkan bunyi “hik” tanpa bisa dikendalikan. Cegukan bisa dialami oleh siapa saja ya MamaFito, dan bisa terjadi kurang lebih selama beberapa detik atau beberapa menit. Jadi, MamaFito tidak perlu cemas jika cegukan terjadi pada bayinya.
Cegukan tidak hanya menimbulkan suara pada penderitanya, akan tetapi jawaban juga bisa menyebabkan tekanan pada bagian dada, tenggorokan dan juga perut.
Namun perlu diingat untuk MamaFito ya, cegukan juga bisa berbahaya jika saja cegukan pada bayi membuat bayi rewel, tubuh kaku dan juga lemah. Apabila sampai terjadi MamaFito harus segera mendatangi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Yang menyebabkan bayi cegukan
Penyebab bayi cegukan memang hampir sama dengan orang dewasa di mana terdapat tekanan diafragma karena bayi masih dalam tahap perkembangan. Memang belum diketahui secara pasti apa penyebab dari cegukan akan tetapi dengan adanya kontraksi tersebut dapat distimulasi oleh berbagai macam hal.
Cegukan yang dialami oleh bayi seringkali disebabkan oleh meminum ASI terlalu banyak, meminum ASI terlalu cepat atau menelan udara terlalu cepat. Dan pada akhirnya distensi lambung yang akan terjadi. Beberapa dokter ahli anak mengatakan jika terjadi distensi lambung sehingga diafragma pun terdorong dan akan terjadi kontraksi.
Bukan hanya itu saja, cegukan yang dialami oleh bayi juga bisa disebabkan oleh refluks gastroesofagus, di mana refluks gastroesofagus ini ialah sebuah kondisi dimana bayi mengalami cegukan yang diakibatkan oleh katup yang berada di antara lambung dan esofagus yang memang masih belum dapat bekerja dengan sempurna. Dan katup inilah yang berfungsi mencegah makanan yang sudah ditelan naik ke esofagus.
Terlebih lagi pada bayi yang lahir prematur yang pada bagian katup belum berkembang dengan sempurna, sehingga makanan yang sudah ditelan oleh si bayi bisa saja naik kembali ke esofagus. Dan hal inilah yang mengakibatkan terjadinya refluks gastroesofagus sehingga bisa terjadi cegukan pada bayi.
Jika memang refluks gastroesofagus dan cegukan sering  kali dialami oleh bayi. Jadi jika bayi MamaFito menangis saat cegukan bisa saja disebabkan adanya reflusk tersebut.

Cara mengatasi
Nah jika MamaFito tengah menyusui, maka sebaiknya memberikan jeda kepada bayi agar bisa bersendawa. Cara agar bayi bersendawa adalah dengan mengatur posisi bayi dalam kondisi tegak berdiri sambil menggendong dan menepuk-nepuk belakang badan dengan lembut. Hal ini bertujuan untuk membantu gas pada perut untuk naik.
Selain itu MamaFito juga bisa memberikan pacifier atau empeng yang menjadikan diafragma bayi lebih tenang, dan cara terakhir adalah membawa bayi ke tempat yang hangat atau menyelimutinnya. Karena cegukan juga bisa disebabkan oleh temperatur udara yang dingin.
Itulah sekilas info mengenai cara mengatasi cegukan yang dialami oleh bayi, semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu para MamaFito, agar tidak perlu cemas jika bayi mengalami cegukan.
Share This Page    
Upload
CAPTCHA
0 Komentar
liburan-dengan-si--kecil-tetap-asyik-tanpa-harus-keluar-rumah-40b52a.jpg
Yeay....liburan panjang telah tiba. MamaFito sudah punya rencana liburan kemana nih? Buat MamaFito...
tempat-bermain-outdoor-yang-seru-untuk-playdate-bersama-teman-si-kecil-38a09b.jpg
Ada banyak tempat bermain outdoor yang seru untuk playdate bersama teman si kecil. Sebelum mengetahu...
tips-redakan-perut-kembung-si-kecil-372a58.jpg
Perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak pun bisa mengalaminya. Bukankah begit...
Copyright © 2017 PT. Kimia Farma (Persero) Tbk All Rights Reserved.